ISO 9001:2008 
Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Malang  
 
   

 


 Daftar Koleksi Terbaru

 Resensi Koleksi


 
 Resensi Koleksi
 
Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar
 
Kesulitan belajar matematika merupakan salah satu jenis kesulitan belajar dengan prasyarat rata-rata normal atau sedikit dibawah rata-rata. Artinya tidak ada gangguan pada penglihatan atau pendengaran, tidak ada gangguan pada emosional, atau bahkan lingkungan sekitar. Masalah umum kesulitan pada Matematika adalah melakukan penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang disebabkan adanya gangguan pada sistem saraf pusat pada periode perkembangan. Anak berkesulitan belajar matematika bukan tidak mampu belajar, bisa jadi mereka mengalami kesulitan tertentu yang menjadikannya tidak siap belajar, apalagi adanya stigma bahwa Matematika sering menjadi momok di sekolah. Maka muncullah istilah gangguan diskalkulia yang disebabkan oleh ketidakmampuan mereka dalam membaca, imajinasi, mengintegrasikan pengetahuan dan pengalaman, terutama dalam memahami soal-soal cerita. Gangguang diskalkulia tidak bisa mencerna sebuah fenomena yang masih abstrak, anak memerlukan visualisasi atau dibuat konkret, baru mereka bisa mencerna. Ironinya, banyak guru Matematika tidak membangkitkan motivasi belajar siswa, terutama Matematika dengan metode pembelajaran yang cenderung menggunakan cara konvesional, ceramah dan tugas. Guru kurang mampu memotivasi anak didiknya. Ketidaktepatan dalam memberikan pendekatan atau strategi pembelajaran. Pada buku ini, dikupas secara detil bagaimana menyampaikan materi Matematika dasar bagi yang mengalami kesulitan dalam hal Matematika.

Pembelajaran matematika dasar bagi anak berkesulitan belajar
Pengarang : J. Tombokan Runtukahu; Rose Kusumaning Ratri; Selpius Kandou;
Penerbit : Ar-Ruzz Media
ISBN : 978-602-7874-50-3
Deskripsi Fisik : 31 hlm. : ilus. ; 24 cm.
No Panggilan : .-371.1-RUN-p


Manajemen Langsing langsing selama kehamilan, langsing usai melahirkan, langsing setelah operasi caesar
 
Wanita dengan segala pesona yang ada pada dirinya selalu berupaya untuk menjaga kecantikan dan keindahan tubuhnya. Berapapun biayanya diupayakan oleh wanita agar tetap terlihat langsing. Sehingga ketika wanita tersebut menuju pada proses berkeluarga, lalu diikuti dengan menjalani kehamilan, maka tentunya upaya lebih keras lagi dilakukan wanita untuk ingin langsing pasca kehamilan. Rata-rata, wanita tidak pede dengan tampilan pasca kehamilan dikarenakan tumpukan lemak selama kehamilan. Berat badan yang bertambah serta kerepotan dalam mengurus anak menyebabkan manajemen perawatan tubuh terabaikan. Buku ini mengulas bagaimana sebaiknya mengatur pola makan serta asupan gizi untuk menuju tubuh langsing. Selain itu, dikupas tentang alasan dan risiko jika menjalani operasi caesar, yaitu proses kelahiran dengan cara bedah perut sang ibu. Risiko jangka pendek dan jangka panjang dijelaskan secara detil, tetapi memang karena buku ini bukan untuk bacaan medis, maka penjelasan dengan bahasa lugas dan awam rasanya pantas untuk ibu-ibu yang sedang hamil, agar tubuhnya bisa langsing kembali setelah persalinan.

Judul : Manajemen Langsing: langsing selama kehamilan, langsing usai
melahirkan, langsing setelah operasi caesar
Pengarang : Indragiri A.
No Panggil : 613.2 IND m
Kota terbit : Jogjakarta
Penerbit : A+Plus Books
Tahun terbit: 2014
ISBN : 978-979-25-4728-3

Santoso Mahargono


101 Penyakit terparah dalam bisnis
 
Banyak orang menempatkan berbagai pertanyaan di awal memulai usaha mandiri atau wirausaha. Apakah harus menyediakan modal dahulu atau membangun relasi?. Apakah fisik dahulu ataukah mental dahulu? Apakah nanti berhasil ataukah sebaliknya gagal? dan berbagai pertanyaan yang memenuhi benak ketika akan memulai wirausaha. Dalam paparan buku ini, meskipun sederhana telah diuraikan bahwa satu hal yang terpenting dalam memulai usaha adalah jangan berpikir gagal, berpikirlah bahwa kita akan sukses. Semua itu dilalui dengan belajar, mencari tahu, dan menguasai usaha yang akan dikerjakan. Jika ternyata berulangkali gagal, maka sebenarnya bukan kegagalan total atau akhir dari segalanya, akan tetapi secara tidak langsung akan mematangkan pengalaman dalam berusaha atau berbisnis. Kesuksesan bisnis juga tidak diukur melalui peridoe waktu dan banyaknya relasi. Tetapi bagaimana mempertahankan strategi serta meningkatkan peluang dalam meluaskan ide bisnis. Kiranya buku ini tepat dibaca bagi pemula yang ingin memulai bisnis dalam bidang apapun dengan tetap berprinsip bahwa bisnis harus berani gagal.

Judul : 101 penyakit terparah dalam bisnis
Pengarang : Ardy Widjaya Setiawan
No Panggil : 650 ARD s
Penerbit : Javalitera
Kota terbit: Jogjakarta
Tahun : 2013
ISBN : 978-602-18836-8-6
(Santoso Mahargono)


Perjalanan Politik Gus Dur
 
Abdurrahman Wahid (Gus Dur) terpilih menjadi Presiden Keempat RI sebagai figur perekat berbagai komponen bangsa yang saat itu sedang terkoyak. Tetapi, perjalanan politik presiden yang kiai ini ternyata berlikaliku. Berbagai pernyataannya kerap kontroversial dan menimbulkan teka-teki. Humor-humor politik yang sering ia lontarkan kian membingungkan banyak orang. Apakah pernyataan kontroversial itu merupakan bencana atau berkah bagi Gus Dur sendiri selaku Presiden? Pernyataan Gus Dur bahwa anggota DPR mirip Taman Kanak-kanak menuai protes. Kasus "Buloggate" dan "Bruneigate" yang menerpa sang Presiden memunculkan manuver politik Sidang Istimewa MPR yang berujung pada pemakzulan Presiden yang juga Ketua PBNU itu.

"Bagaimana situasi politik nasional pada saat-saat terakhir sebelum Gus Dur dilengserkan? Benarkah Gus Dur menangis saat mengeluarkan dekrit pembubaran DPR? Semua jawabannya ada dalam buku ini, yang merupakan rekam jejak perjalanan pemerintahan Gus Dur, mulai dari encalonan, proses pemilihan, ketika berada di Istana Negara, sampai kembali ke Ciganjur. Pemerintahan yang singkat, namun sangat penting dalam perjalanan sejarah Indonesia.

Judul Perjalanan Politik Gus Dur
No. ISBN 9797094621
Penulis Kumpulan Tulisan Kompas
Penerbit Kompas
Tahun terbit 2010


Sepatu Dahlan
 
Kehidupan mendidik Dahlan kecil dengan keras. Baginya, rasa perih karena lapar adalah sahabat baik yang enggan pergi. Luka di kakinya menjadi bukti perjuangan dalam menjalani hidup. Dia harus berjalan puluhan kilometer untuk bersekolah tanpa alas kaki. Sepulang sekolah banyak pekerjaan yang harus dilakoninya demi sesuap tiwul, mulai dari nguli nyeset, nguli nandur sampai melatih tim voli anak-anak juragan tebu.

Dan di usia mudanya, Dahlan sudah banyak merasakan kehilangan. Buku catatan hariannya pun dipenuhi curahan kegalauan hati yang selalu dia alami. Setiap kali terpuruk seringkali dia berkata pada dirinya sendiri, hidup, bagi orang miskin sepertiku, harus dijalani apa adanya. Didikan keras sang Ayah dan kakak-kakak tercintanya serta senyum sang Ibu, selalu bisa membuatnya bertahan dan terus berjuang dalam hidup. Selain itu, di atas segala luka dan kesedihan yang dialaminya dia punya dua cita-cita besar yang membuatnya semakin bekerja keras: sepatu dan sepeda.

Judul Sepatu Dahlan
No. ISBN 9786029498240
Penulis Khrisna Pabichara
Penerbit Noura Book Publising
Tahun terbit 2012


   
       
     Home | Berita | Kontak
Copyright (C) 2016 DPAD Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang
Jawa Timur - Indonesia