ISO 9001:2008 
Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Malang  
 
   
   
BERITA
 
 
Pertemuan Curah Pendapat Disabilitas Netra di Perpustakaan
 


Malang, 21/11/2018

Hari ini, Rabu 21 November 2018, Perpustakaan Umum Kota Malang , menjadi lokasi berkumpulnya rekan-rekan disabilitas netra di kota Malang. Ada apa nih? Ternyata, sedang digelar acara sarasehan dan curah pendapat, perwakilan rekan disabilitas netra di kota Malang yang merupakan utusan dari beragam institusi dan yayasan netra di kota Malang antara lain RSCN Janti, YPAC, yayasan Bhakti Luhur serta beberapa komunitas netra di kota Malang dengan instansi seperti BPBI Abiyoso, Perpustakaan Kota Malang serta Dinas Sosial Kota Malang.
Acara ini, untuk menyerap aspirasi dari disabilitas netra di kota Malang terkait dengan koleksi khusus netra berbasis Braille yang diterbitkan oleh Balai Penerbitan Braille Indonesia (BPBI) Abiyoso. Karena Perpustakaan Umum Kota Malang merupakan satu-satunya Peprustakaan yang Ramah Netra, pas sekali acara ini dilangsungkan disini. Selain BPBI Abiyoso Bandung, dihadirkan juga instansi terkait yaitu Dinas Sosial Kota Malang.
Perpustakaan Umum Kota Malang sendiri telah memulai layanan khusus tuna netra sejak beberapa tahun silam dengan mendirikan Layanan Pojok Braille. Beragam fasilitas tersedia mulai koleksi bahan bacaan Braille, peralatan menulis Braille, koleksi khusus multimedia berbasis Braille, CD Audio hingga perangkat komputer dan scanner khusus Braille. Selain itu, untuk memudahkan akses, sedang berjalan pula pemasangan jalur khusus tunanetra masuk ke Perpustakaan dengan ubin khusus/guide block


Studi tiru dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Purwakarta - Jawa Barat
 


Malang, 09/11/18

Sebanyak 6 (enam) orang dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta-Jawa Barat telah mengadakan studi tiru di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Studi tiru ini dilakukan dalam rangka menggali sebanyak mungkin informasi yang akan digunakan dalam pengembangan perpustakaan di Kabupaten Purwakarta. Selama ini perpustakaan Kabupaten Purwakarta masih menempati kantor dengan ukuran yang kecil, pada tahun 2019 berencana akan membangun lebih luas lagi, sekitar 500 meter persegi. Untuk itu perluasan ruangan di Perpustakaan Kabuapten Purwakarta akan banyak menampung fasilitas serta layanan yang baru. Selama berada di Perpustakaan Umum Kota Malang rombongan tamu melihat dari dekat situasi dan layanan di Perpustakaan Umum Kota Malang.

(st)


 
     
     Home | Berita | Kontak
Copyright (C) 2016 DPAD Malang
    Jl. Besar Ijen 30A Malang
Jawa Timur - Indonesia